Home / Rubrik / Berita

Resiko Terlalu Banyak Meminum Milk Tea

gambar-headline
Indonesia Post Views: 181

Milk tea saat ini banyak digemari oleh banyak orang khususnya para anak-anak, remaja hingga dewasa. Selain mempunyai cita rasa yang enak dan menyegarkan minuman milk tea juga salah satu minuman yang mudah dijumpai karena telah banyak tersebar penjual minuman ini baik di cafe ataupun yang di pinggir jalan. 

 

Terdapat banyak penelitian yang mengaitkan teh dengan berbagai manfaat kesehatan. Penelitian mengungkapkan teh bisa membantu penurunan berat badan, mencegah penyakit jantung, kanker dan diabetes. Akan tetapi apakah manfaat-manfaat tersebut masih bisa didapatkan apabila kita meminum teh dicampur dengan susu atau yang disebut milk tea. Ternyata terdapat beberapa resiko apabila kita sering meminum milk tea secara berlebihan. 

 

Berikut ini beberapa risiko yang dapat terjadi pada tubuh kita apabila kita sering mengkonsumsi milk tea. 

 

1. Sembelit

Teh memiliki kandungan zat kimia yang disebut teofilin, pada saat meminum dengan jumlah yang sedang, zat tersebut bisa membuat proses detoksifikasi tubuh. Akan tetapi apabila jumlahnya berlebihan teofilin justru dapat mengakibatkan dehidrasi dan konstipasi atau sembelit.

 

Untuk beberapa orang yang tidak toleran dengan laktosa yang ada di dalam susu, konsumsi susu berlebihan juga dapat mengakibatkan sembelit. 

 

2. Insomnia

Bukan hanya kopi yang dianggap sebagai minuman berkafein yang harus dibatasi konsumsinya. Ternyata masih ada coklat dan teh yang sama-sama memiliki kandungan kafein. Minum teh secara berlebihan dapat mengakibatkan insomnia atau gangguan tidur bukan hanya merasakan gangguan tidur ya tersebut dapat membuat orang cemas gelisah hingga stres. Dengan menambahkan gula dalam teh susu atau milk tea juga dapat beresiko pada saat dikonsumsi dengan berlebihan, seperti bisa menaikkan berat badan, meningkatkan tekanan darah hingga resiko terkena penyakit diabetes. 

 

3. Mual

Mengkonsumsi milk tea dengan keadaan perut kosong bisa berdampak pada tubuh yaitu dengan merasakan mual. Kandungan zat tanin yang terdapat dalam teh yang menjadi penyebab utamanya, karena tanin memiliki sifat astringen yang bisa mengiritasi lapisan pencernaan sehingga muncul rasa mual sampai sakit perut.

 

4. Kekurangan nutrisi

Resiko lain yang harus diwaspadai ialah terkena kekurangan nutrisi. Penelitian menyebutkan apabila menyeduh teh bersama susu secara bersama-sama dapat menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuh. Bukan hanya itu kafein yang terkandung dalam teh juga dapat mencegah penyerapan zat besi dan seng. Zat besi ialah nutrisi yang diperlukan tubuh untuk membentuk sel darah merah. Sedangkan seng memiliki tugas untuk menjaga kekebalan tubuh, menstabilkan kadar gula darah, sehingga membantu menjaga kulit, mata dan jantung agar selalu sehat.

 

5. Tekanan darah jadi tidak stabil

Terlalu banyak konsumsi teh dapat membuat tekanan darah menjadi tidak stabil atau ketidakseimbangan pada tekanan darah. Karena kafein yang ada atau terkandung di dalam teh bisa meningkatkan ataupun dapat memperlambat detak jantung. 

 

Itulah beberapa risiko yang bisa saja terjadi pada tubuh kita, apabila kita mengkonsumsi milk tea dengan porsi berlebih. Jaga selalu kesehatan tubuh kita dengan mengimbangi gizi yang kita konsumsi. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

6 bulan yang lalu