Berita
Pencarian Bulan Tahun
Share on Google+ twitter facebook
Dina, Anak Asuh Lampung Hafal 6 Juz Alquran dan 35 Hadits
Di tulis oleh : Dila Nurfadila Pada tanggal 2018-02-01 13:15:20

Menuntut ilmu di usia belia bagai mengukir nama di atas batu. Lain halnya menuntut ilmu di usia senja, bagai mengukir nama di atas pasir. Motivasi untuk menuntut ilmu harus selalu dikembangkan, karena tanpa motivasi kuat, menuntut ilmu sangatlah berat. Begitu halnya dengan salah seorang remaja binaan Rumah Yatim yang tak kenal lelah menghafal ayat demi ayat Alquran setiap harinya. 

Inilah sosok penghafal Alquran 6 juz dan 35 hadits Arba’in. Dina Madinatul Huda, gadis kelahiran Garut, 25 Maret 2004. Ia merupakan salah satu anak asuh Rumah Yatim Tanjung Karang, Bandar Lampung sejak tahun 2012. Dina -sapaan akrabnya berprestasi di bidang akademik dan kediniyahan. Putri pasangan Muhamad Nurdin Al-faqih dan Entin Siti Fatimah ini, termasuk keluarga kurang mampu. Ayahnya hanya bekerja sebagai petani dan ibunya sebagai ibu rumah tangga. 

Remaja berusia 13 tahun ini sedang menempuh pendidikan kelas 8 di SMP Perintis 2 Bandar Lampung. Menurut salah seorang pengurus asrama Dwi Apriana memaparkan, Dina merupakan salah seorang anak yang memiliki daya ingat luar biasa, dibanding anak asuh lainnya. Karena a sangat cepat menghafal ayat Alquran dan hadits setiap harinya. Selain itu, pelafalan makharijul huruf dan tajwidnya terbilang bagus. 

“Dia anaknya paling cepat dalam mengingat hafalan, dan bacaan Qurannya bagus, tajwidnya bagus banget,” paparnya, saat diwawaancarai Rabu (31/1). 

Anak ke tiga dari enam bersaudara itu, kata Dwi, selain hafal 6 juz, ia juga selalu masuk lima besar di sekolahnya. Ia berkeinginan mengangkat derajat keluarganya suatu saat nanti. “Selain 6 juz dan 35 hadist Arba'in, dia juga masuk lima besar di sekolahnya,” imbuhnya.

Hal ini diakui Dina, bahwa motivasinya berawal dari keinginannya menjadi seorang hafidz Quran dan membahagiakan kedua orang tuanya dengan memberikan mahkota terbaik di akhirat kelak dari hafalannya tersebut. Hal senada juga diyakininya dengan sabda Rasulullah SAW, tentang menghafal Alquran akan mendapat mahkota untuk orang tuanya. 

“Karens saya yakin sesuai sabda Nabi, barang siapa yang mengahafal Alquran, maka dia akan mendapatkan mahkota dari surga dan saya ingin sekali memberikan yang terbaik bagi orang tua,” terangnya. 

Selain aktif dalam kegiatan kediniyahan di asrama, ia juga aktif di berbagai kegiatan keagamaan di sekolahnya. Atas keaktifannya itu, ia sering ditunjuk pihak sekolah untuk mewakili lomba cerdas cermat. Di berbagai kesempatan, ia juga pernah mengikuti lomba tahfidz Quran. Namun saat itu, peringkat juara belum bisa ia raih. Hal itu tak membuatnya menyerah, justru ia jadikan sebuah pengalaman dan pelajaran berharga untuk bisa lebih baik lagi. 

Di balik keterbatasan akan ekonomi keluarga, ia bercita-cita menjadi seorang dokter sekaligus hafidz Quran. Keinginan itu ia jadikan motivasi untuk membantu kesehatan orang lain dan membantu keluarganya menjadi sejahtera. Sehingga kelak, apa yang ia dapatkan selama dibina oleh Rumah Yatim, akan dibagikan kembali kepada masyarakat.



--------------------------------------
dibaca 390 kali



 Komentar

(tidak ada komentar)


 Tulis Komentar

Nama
Email (dirahasiakan)
Komentar


Berita Terbaru

Titania, Anak Asuh Bintaro Raih Peringkat 1 Berturut-turut di MI Nurul Iman
Sabtu, 20/07/2019

Pelatihan Menjahit IIB Darmajaya Sebagai Bekal Masa Depan Anak Asuh
Sabtu, 20/07/2019

Pengajar IIB Darmajaya Bekali Anak Asuh Rumah Yatim Keterampilan Menjahit
Sabtu, 20/07/2019

Uji Kreativitas Anak Asuh Kemang dengan Belajar Membuat Kaligrafi
Sabtu, 20/07/2019

Hidup Sebatang Kara, Maryatun Terima Bantuan Rumah Yatim
Sabtu, 20/07/2019

Sepuluh Keluarga Dhuafa di Tegal Barat Dapat Bantuan Rumah Yatim
Sabtu, 20/07/2019

Ajarkan Rasa Syukur, Asrama Kemang Libatkan Anak Asuh Salurkan Beasiswa
Sabtu, 20/07/2019

Rumah Yatim Bantu Pendidikan Anak Kurang Mampu di Kemang
Sabtu, 20/07/2019

Semangat Anak Asuh Kemang Jalani Tes Hafalan Antar Teman
Sabtu, 20/07/2019

Masuki Ajaran Baru, Lisa Terima Penghargaan dari SMP Al Mizan
Sabtu, 20/07/2019

Tak Miliki Bahan Pangan, Patijah Terima Sembako Rumah Yatim
Jum'at, 19/07/2019

Dokter Sandi: Telinga Alifah Alami Gangguan Serius
Jum'at, 19/07/2019

700 Orang Prasejahtera di Girimulyo Terima Bantuan Paket Sembako
Jum'at, 19/07/2019

Rumah Yatim Beri Alat Bantu Dengar untuk Alifah
Jum'at, 19/07/2019

Semangat Pantang Menyerah Dedi Agar Alifah Dapat Mendengar
Jum'at, 19/07/2019

Rumah Yatim Salurkan Bantuan untuk Guru Honorer di SD Ma'had As Sakinah
Jum'at, 19/07/2019

Ketiga Kalinya, Teh Kotak Gandeng Rumah Yatim Salurkan Bantuan Alat Sekolah
Jum'at, 19/07/2019



 
Rumah Yatim
Find Us
Kemitraan
Hubungi Kami di