Klik disini untuk lihat Website Rumah Yatim versi Baru
Berita
Pencarian Bulan Tahun
Share on Google+ twitter facebook
Ima, Anak Asuh Rumah Yatim Miliki Segudang Prestasi
Di tulis oleh : Calam Rahmat Pada tanggal 2018-01-21 14:00:12

Wajahnya selalu terlihat berseri, sedikit pemalu tapi aktif di asrama. Senyum ramah selalu menghiasi perbincangan sore itu. Mulanya malu untuk bersua, tapi sejalan waktu yang berlalu, Ima Husnul Khotimah (13) larut dalam perbincangan.

Ima -sapaan akrabnya, salah satu anak asuh Rumah Yatim Cemara yang memiliki segudang prestasi akademik maupun non akademik. Sejak ditinggal sang ayah saat usia lima tahun, semangat Ima tidak surut. Sehari-hari kini, putri Uum Kurniasih ini gemar membaca. Menurutnya membaca merupakan suatu kebutuhan untuk memperdalam pengetahuannya.

Ia sudah tinggal di asrama sejak duduk di bangku sekolah dasar. Hal ini, dikarenakan kondisi ekonomi yang tidak mencukupi di dalam keluarganya. Namun, semangat Ima tidak pernah luntur, ia bercita-cita ingin menjadi sosok yang berbeda dari keluarganya. Hal ini, untuk membanggakan sang ibunda dan almarhum sang ayah.

Keterbatasan ekonomi dan ditinggalnya sang ayah, tidak membuat Ima berkecil hati dalam proses menuntut ilmu serta bersosialisasi. Hal ini terbukti dengan diraihnya sejumlah prestasi akademik dan non akademik. 

Sejak duduk di bangku sekolah dasar, ia selalu meraih peringkat satu di kelasnya hingga lulus di tahun 2017. Pada Mei tahun kemarin, Ima berkesempatan untuk kembali membuktikan prestasinya dengan mendapat ranking satu di semester awal, dirinya bersekolah di SMP IT Bina Insan Unggul (BIU).

Hal ini membuktikan keterbatasan ekonomi tidak menjadi halangan Ima untuk tetap berprestasi. Dirinya mengaku semenjak tinggal di asrama Cemara, semangatnya dalam belajar terus meningkat. Hal ini dikarenakan, banyak aktivitas yang mendukung potensinya untuk berkembang.

"Senang soalnya banyak temen-temen asrama yang sering ketawa dan bahagia, yang sederhana itu dirasakan bersama, dan teman-teman asrama juga penghibur kalau lagi pusing," ungkapnya dibalut malu dan senyum.

Selain prestasi akademik di bangku sekolah dasar dan menengah pertama. Ia juga meraih beberapa penghargaan dalam sejumlah perlombaan selama ia duduk di sekolah dasar maupun saat ini di menengah pertama. 

Saat duduk di kelas tiga sekolah dasar, dirinya meraih juara satu pada lomba membaca, menulis, dan menghitung (Calistung) tingkat kecamatan. Di tahun berikutnya, saat duduk di kelas empat ia mendapat juara ketiga dalam perlombaan cerdas cermat yang di adakan Universitas Padjadjaran. 

Selain itu di tahun kelimanya sekolah, saat mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) IPA tingkat sekolah dasar, ia kembali meraih juara satu.  Dua perlombaan terkahir yang diikuti Ima, Sains Project dan lomba teka-teki silang di beberapa bulan kemarin. Bisa diraihnya dengan mendapat juara satu di kedua perlombaan tersebut.

Perasaan bangga dirasakan Ima saat sejumlah prestasi bisa ia persembahkan untuk sang ibunda dan mendiang sang ayah. Namun, prestasi yang didapatkan Ima tak serta-merta diraihnya secara instan. Rasa malas dalam belajar, beribadah dan lainnya pernah Ima rasakan selama tinggal di asrama.

"Kadang suka banyak godaan males buat ibadahnya rajin," paparnya.

Selain itu, prestasi akademik yang diraihnya tetap diimbangi dengan ketaatannya dalam menjalankan kewajiban maupun sunah dalam beribadah. Saat ini ia sedang mulai mencoba menjalankan puasa sunah daud. Serta, tetap menambah hafalan ayat suci Alquran dan hadits setiap harinya. "Pertama memang gampang kegoda sama makanan-makanan, tapi udah agak lama udah biasa," tutur Ima.

Kini, rasa rindu Ima kepada sang Ibu dan mendiang ayahnya selalu dicurahkan dalam setiap sujudnya kepada Ilahi. Didikan yang baik hingga Ima terus bersemangat, menjadi rasa rindu tersendiri kepada sang ibu. Harapannya, ia bisa membawa kedua orang tuanya nanti untuk tinggal di surga saat waktunya tiba.



--------------------------------------
dibaca 420 kali



 Komentar

(tidak ada komentar)


 Tulis Komentar

Nama
Email (dirahasiakan)
Komentar


Berita Terbaru

Titania, Anak Asuh Bintaro Raih Peringkat 1 Berturut-turut di MI Nurul Iman
Sabtu, 20/07/2019

Pelatihan Menjahit IIB Darmajaya Sebagai Bekal Masa Depan Anak Asuh
Sabtu, 20/07/2019

Pengajar IIB Darmajaya Bekali Anak Asuh Rumah Yatim Keterampilan Menjahit
Sabtu, 20/07/2019

Uji Kreativitas Anak Asuh Kemang dengan Belajar Membuat Kaligrafi
Sabtu, 20/07/2019

Hidup Sebatang Kara, Maryatun Terima Bantuan Rumah Yatim
Sabtu, 20/07/2019

Sepuluh Keluarga Dhuafa di Tegal Barat Dapat Bantuan Rumah Yatim
Sabtu, 20/07/2019

Ajarkan Rasa Syukur, Asrama Kemang Libatkan Anak Asuh Salurkan Beasiswa
Sabtu, 20/07/2019

Rumah Yatim Bantu Pendidikan Anak Kurang Mampu di Kemang
Sabtu, 20/07/2019

Semangat Anak Asuh Kemang Jalani Tes Hafalan Antar Teman
Sabtu, 20/07/2019

Masuki Ajaran Baru, Lisa Terima Penghargaan dari SMP Al Mizan
Sabtu, 20/07/2019

Tak Miliki Bahan Pangan, Patijah Terima Sembako Rumah Yatim
Jum'at, 19/07/2019

Dokter Sandi: Telinga Alifah Alami Gangguan Serius
Jum'at, 19/07/2019

700 Orang Prasejahtera di Girimulyo Terima Bantuan Paket Sembako
Jum'at, 19/07/2019

Rumah Yatim Beri Alat Bantu Dengar untuk Alifah
Jum'at, 19/07/2019

Semangat Pantang Menyerah Dedi Agar Alifah Dapat Mendengar
Jum'at, 19/07/2019

Rumah Yatim Salurkan Bantuan untuk Guru Honorer di SD Ma'had As Sakinah
Jum'at, 19/07/2019

Ketiga Kalinya, Teh Kotak Gandeng Rumah Yatim Salurkan Bantuan Alat Sekolah
Jum'at, 19/07/2019



 
Rumah Yatim
Find Us
Kemitraan
Hubungi Kami di