Berita
Pencarian Bulan Tahun
Share on Google+ twitter facebook
66 Mitra Tergabung dalam Binaan Rumah Yatim
Di tulis oleh : Dila Nurfadila Pada tanggal 2018-01-17 09:37:10

Upaya membantu lembaga yang luput dari perhatian pemerintah, pada sebanyak 66 mitra di berbagai kota di Indonesia tergabung dalam binaan Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Rumah Yatim. Mitra yang bekerjasama dalam binaan Rumah Yatim itu terus meningkat setiap tahunnya.

Dari total keseluruhan, Direktur Pemberdayaan Rumah Yatim Timbul Yuwono menjelaskan, sebanyak 41 mitra yang mendominasi di wilayah Jawa Barat sebagai yayasan binaan Rumah Yatim. Banyaknya peminat yang ingin bermitra, hal ini  tentunya membuka peluang bagi masyarakat yang mempunyai lembaga formal dan nonformal untuk bersinergi dengan Rumah Yatim. 

“Terdapat 41 mitra di Jawa Barat dan masih mendominasi, sisanya masih bisa dihitung satuan. Semakin ke sini, sebetulnya lembaga yang mengajukan jadi mitra dengan Rumah Yatim makin banyak,” jelasnya, saat diwawancarai, Selasa (16/1).

Berkembangnya Rumah Yatim sebagai Laznas di tahun 2017, menurutnya membuat kiprah Rumah Yatim semakin dikenal masyarakat luas, sehingga banyak lembaga yang mengajukan menjadi mitra.  Terlebih saat ini sudah memiliki legalitas LAZ, maka infak, sedekah, zakat, wakaf dan hibah dilimpahkan ke Rumah Yatim.  

“Kiprah kita saat ini bukan saja mengurusi anak yatim, karena sudah jadi Laznas, otomatis, infak, shadaqah, wakaf, hibah, banyak yang melimpahkan ke Rumah Yatim. Sehingga harus benar penyalurannya sesuai dengan asnadnya,” paparnya. 

Banyaknya peminat serta dana yang terbatas, kata Timbul yang dahulu menyalurkan bantuan dana operasional yayasan setiap satu bulan sekali, saat ini dengan banyaknya peminat hanya bisa menyalurkan setiap tiga bulan sekali. Dikarenakan bantuan yang diberikan bergiliran dari satu mitra ke mitra yang lain. 

“Banyak peminat, yang dulunya sebulan sekali, jadi tiga bulan sekali, karena saking banyaknya peminat. Jadinya bergiliran,” imbuhnya. 

Adapun program yang dijalankan mitra, ia mengatakan pemberian beasiswa kepada anak nonmukim, pembelajaran kediniyahan dan tahfidz menjadi hal yang utama dari program mitra. Tujuannya agar mencetak generasi yang unggul dan akhlakul karimah.  

Lebih lanjut ia menerangkan lembaga pendidikan semacam diniyah, seperti kebutuhan operasional madrasah untuk keberlangsungan kegiatan belajar mengajarnya, saat ini luput dari perhatian pemerintah. Maka dari itu, Rumah Yatim sebagai Laznas melengkapi peran pemerintah dalam bersinergi dengan mitra, sehingga akan terjalin sinergitas yang baik antara pemerintah dan Laznas. 

“Lembaga semacam diniyah, luput dari perhatian pemerintah hari ini. kita melengkapi peran mereka (pemerintah),” ungkapnya.

Ia berharap bantuan yang disalurkan Rumah Yatim kepada mitra, bisa terus menuai manfaat yang lebih banyak, tentunya semakin berkembang pula mitra yang dibantu. Serta program Rumah Yatim bisa terus bersinergi dengan melengkapi peran pemerintah ini.



--------------------------------------
dibaca 280 kali



 Komentar

(tidak ada komentar)


 Tulis Komentar

Nama
Email (dirahasiakan)
Komentar


Berita Terbaru

Titania, Anak Asuh Bintaro Raih Peringkat 1 Berturut-turut di MI Nurul Iman
Sabtu, 20/07/2019

Pelatihan Menjahit IIB Darmajaya Sebagai Bekal Masa Depan Anak Asuh
Sabtu, 20/07/2019

Pengajar IIB Darmajaya Bekali Anak Asuh Rumah Yatim Keterampilan Menjahit
Sabtu, 20/07/2019

Uji Kreativitas Anak Asuh Kemang dengan Belajar Membuat Kaligrafi
Sabtu, 20/07/2019

Hidup Sebatang Kara, Maryatun Terima Bantuan Rumah Yatim
Sabtu, 20/07/2019

Sepuluh Keluarga Dhuafa di Tegal Barat Dapat Bantuan Rumah Yatim
Sabtu, 20/07/2019

Ajarkan Rasa Syukur, Asrama Kemang Libatkan Anak Asuh Salurkan Beasiswa
Sabtu, 20/07/2019

Rumah Yatim Bantu Pendidikan Anak Kurang Mampu di Kemang
Sabtu, 20/07/2019

Semangat Anak Asuh Kemang Jalani Tes Hafalan Antar Teman
Sabtu, 20/07/2019

Masuki Ajaran Baru, Lisa Terima Penghargaan dari SMP Al Mizan
Sabtu, 20/07/2019

Tak Miliki Bahan Pangan, Patijah Terima Sembako Rumah Yatim
Jum'at, 19/07/2019

Dokter Sandi: Telinga Alifah Alami Gangguan Serius
Jum'at, 19/07/2019

700 Orang Prasejahtera di Girimulyo Terima Bantuan Paket Sembako
Jum'at, 19/07/2019

Rumah Yatim Beri Alat Bantu Dengar untuk Alifah
Jum'at, 19/07/2019

Semangat Pantang Menyerah Dedi Agar Alifah Dapat Mendengar
Jum'at, 19/07/2019

Rumah Yatim Salurkan Bantuan untuk Guru Honorer di SD Ma'had As Sakinah
Jum'at, 19/07/2019

Ketiga Kalinya, Teh Kotak Gandeng Rumah Yatim Salurkan Bantuan Alat Sekolah
Jum'at, 19/07/2019



 
Rumah Yatim
Find Us
Kemitraan
Hubungi Kami di