Berita
Pencarian Bulan Tahun
Share on Google+ twitter facebook
Jadikan Alumni Cerdas dan Mandiri Lewat Pendidikan Nonformal
Di tulis oleh : Hanifah Abdillah Pada tanggal 2018-01-17 08:32:48

Bidang Pendidikan Rumah Yatim terbagi dua yakni, Pendidikan Formal dan Pendidikan Nonformal. Pendidikan Formal berupa pendidikan jenjang SD, SMP, dan SMA. Sedangkan, Pendidikan Nonformal, terbagi ke dalam empat kategori; Bimbingan Belajar (Bimbel), TK (Taman Kanak-kanak), Kealumnian (fase setelah lulus SMA), dan Akademi D1 El Fitra (pelatihan skill alumni).

Diwawancarai pada Jumat (12/1) di selasar SD El Fitra Ucu Marlina selaku  Manajer Pendidikan Nonformal mengatakan, bidang Pendidikan Nonformal bergerak untuk mengurus kegiatan anak-anak asuh tingkatan paling dasar dan tingkatan paling tinggi (perguruan tinggi).

“Alhamdulillah sampai sejauh ini, itu lah yang dilakukan Pendidikan Nonformal, mengurus anak yang paling kecil (day care, play group. TK) dan mengurusi anak-anak asuh Rumah Yatim fase setelah lulus SMA,” paparnya. 

Kegiatan Pendidikan Nonformal di Rumah Yatim banyak mengalami perubahan kinerja setiap tahunnya. Tahun 2018 ini, Pendidikan Nonformal mulai menggiatkan program-program baru yang akan menjadi titik awal perubahan besar.

“Mulai dari Bimbel, kita giatkan setiap minggu untuk seluruh anak asuh mukim dan non mukim, kemudian untuk pendidikan TK, insya Allah akan menjadi legal formal, saat ini sedang diusahakan. Untuk kegiatan kealumnian, kita banyak melakukan perubahan-perubahan baru di tahun ini dan untuk akademi D1 kita beri pelatihan skill kepada alumni agar  memiliki lisensi,” ungkapnya.

Selain itu, bidang yang telah sedikit banyak mengharumkan nama Rumah Yatim ini, telah memiliki alumni yang berhasil dan berprestasi. Sudah sekitar 75 orang masuk ke perguruan tinggi, dan saat ini, 11 orang di antaranya ditargetkan lulus sidang skripsi tahun 2018.

Ina -sapaan akrabnya menambahkan, kegiatan Pendidikan Nonformal berusaha untuk menjadikan alumni memiliki pengalaman serta kemandirian yang tercetak dari generasi unggul yang haus akan ilmu pengetahuan dan kediniyahan.

“Maka dari itu, D1 Akademi El Fitra menjadi salah satu ajang pelatihan skill bagi alumni sebelum menempuh pendidikan yang lebih tinggi lagi,” katanya. 

Selama tahun 2017, empat program di bidang Pendidikan Nonformal Rumah Yatim telah mengalami banyak kemajuan yang pesat. Sehingga mempu melahirkan generasi rabbani yang senantiasa istiqomah dan menjadi bagian kebanggaan Rumah Yatim.

“Alhamdulillah senang sekali tiada terkira ketika saya mendengar perkembangan anak-anak. Mendengar anak asuh yang memiliki prestasi lebih bagus dibanding siswa-siswi lain, anak asuh yang memiliki IPK tertinggi di kampusnya, anak asuh di wisuda, itu luar biasa sekali bahagianya,” ucap lna haru.

Di tahun 2017 lalu, ia mengatakan telah berusaha semaksimal mungkin untuk melangsungkan beberapa program kerja dengan penuh perjuangan di bidang Pendidikan Nonformal Rumah Yatim. “Bagus atau tidaknya kinerja saya ya seperti ini, tetapi saya sudah berusaha semaksimal mungkin,” ujarnya. 

Tak banyak yang diharapkan Ina di tahun ini, ia mengatakan semoga tahun ini bisa menjadi lebih baik lagi dan bisa memotivasi anak-anak binaan Rumah Yatim untuk terus memiliki mimpi melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Mereka sholeh dan sholehah, harapan terbesarnya mereka mampu mandiri, mampu memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada orang di sekitarnya,” harapnya.



--------------------------------------
dibaca 401 kali



 Komentar

(tidak ada komentar)


 Tulis Komentar

Nama
Email (dirahasiakan)
Komentar


Berita Terbaru

Titania, Anak Asuh Bintaro Raih Peringkat 1 Berturut-turut di MI Nurul Iman
Sabtu, 20/07/2019

Pelatihan Menjahit IIB Darmajaya Sebagai Bekal Masa Depan Anak Asuh
Sabtu, 20/07/2019

Pengajar IIB Darmajaya Bekali Anak Asuh Rumah Yatim Keterampilan Menjahit
Sabtu, 20/07/2019

Uji Kreativitas Anak Asuh Kemang dengan Belajar Membuat Kaligrafi
Sabtu, 20/07/2019

Hidup Sebatang Kara, Maryatun Terima Bantuan Rumah Yatim
Sabtu, 20/07/2019

Sepuluh Keluarga Dhuafa di Tegal Barat Dapat Bantuan Rumah Yatim
Sabtu, 20/07/2019

Ajarkan Rasa Syukur, Asrama Kemang Libatkan Anak Asuh Salurkan Beasiswa
Sabtu, 20/07/2019

Rumah Yatim Bantu Pendidikan Anak Kurang Mampu di Kemang
Sabtu, 20/07/2019

Semangat Anak Asuh Kemang Jalani Tes Hafalan Antar Teman
Sabtu, 20/07/2019

Masuki Ajaran Baru, Lisa Terima Penghargaan dari SMP Al Mizan
Sabtu, 20/07/2019

Tak Miliki Bahan Pangan, Patijah Terima Sembako Rumah Yatim
Jum'at, 19/07/2019

Dokter Sandi: Telinga Alifah Alami Gangguan Serius
Jum'at, 19/07/2019

700 Orang Prasejahtera di Girimulyo Terima Bantuan Paket Sembako
Jum'at, 19/07/2019

Rumah Yatim Beri Alat Bantu Dengar untuk Alifah
Jum'at, 19/07/2019

Semangat Pantang Menyerah Dedi Agar Alifah Dapat Mendengar
Jum'at, 19/07/2019

Rumah Yatim Salurkan Bantuan untuk Guru Honorer di SD Ma'had As Sakinah
Jum'at, 19/07/2019

Ketiga Kalinya, Teh Kotak Gandeng Rumah Yatim Salurkan Bantuan Alat Sekolah
Jum'at, 19/07/2019



 
Rumah Yatim
Find Us
Kemitraan
Hubungi Kami di