Berita
Pencarian Bulan Tahun
Share on Google+ twitter facebook
Pemeriksaan Kesehatan di CFD
Di tulis oleh : Andi Suryadi Pada tanggal 2015-10-06 06:31:26

Rumah Yatim, Buah Batu, Kota-kota besar di Indonesia mulai merasakan betul dampak dari membanjir bandangnya jumlah kendaraan bermotor yang angkanya terus meningkat hebat dari tahun ke tahun. Khusus Bandung saja entah berapa juta kendaraan yang rutin memadati setiap setiap harinya. Hal serupa juga mulai dirasakan kota-kota besar lain macam Jakarta, Surabaya atau Medan. Bahkan hal ini juga ikut dirasakan oleh kota-kota disekitarnya, macam Bekasi atau Tangerang.

Kemacetan tak lagi dapat dipungkiri telah menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup mereka yang bertempat tinggal dikota besar. Bisa dibilang prosentase waktu terbesar manusia dikota-kota besar dihabiskan dijalanan, karena macet! Lelah dan stres adalah efek yang langsung dapat dirasakan. Namun ada dampak lain yang lebih serius (dan lebih berbahaya) yang dihadirkan oleh makin tingginya angka kendaraan bermotor dikota-kota ini. Ia adalah POLUSI! Tak dapat dipungkiri salahsatu dampak dari tingginya angka penggunaan kendaraan bermotor adalah semakin buruknya kualitas udara. Setiap emisi yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor ke udara membawa serta gas atau zat yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Alhasil, warga masyarakat kota ’diam-diam’ telah teracuni oleh udara kotor yang mereka hisap.

Menyadari kondisi ini sejak beberapa tahun belakangan pemerintah daerah dikota-kota besar mulai berpikir untuk mencari sebuah solusi jitu guna mengurangi kemacetan dan utamanya polusi ini. Berbagai daya upaya dilakukan dengan menggulirkan beragam kebijakan. Salahsatunya, yang kalau bisa dibilang paling efektif, adalah program Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day. Walau belum diberlakukan rutin setiap minggu dan hanya dijalur- jalur tertentu, namun Car Free Day mendapat tanggapan yang begitu antusias dari masyarakat.

Hidup sehat merupakan impian setiap manusia. Mengapa demikian? Dengan hidup sehat, tentunya manusia bisa melakukan segala aktivitas tanpa merasa terganggu dengan rasa sakit. Selain itu jika manusia sehat tentunya tidak perlu membuang waktu untuk melakukan pemeriksaan di dokter ataupun rumah sakit.Begitupun bagi Rumah Yatim sebagai lembaga sosial nasional yang memang salah satunya bergerak di bidang kesehatan sebagai pengabdi masyarakat.

Minggu 4 oktober 2015 Rumah Yatim menggelar pemeriksaan kesehatan gratis, tepatnya di Car Free Day buahbatu bandung,mulai pukul jam 06.00 sampai jam 10.00 agenda ini merupakan agenda rutin bagi kami ,tutur Sinu Tontori selaku Manger Kesehatan direktorat pemberdayaan Rumah Yatim Bandung ini,acara ini di gelar salah satunya merupakan bentuk kepedulian kami tentang kesehatan, tidak hanya itu dalam waktu dekat ini kami sedang membangun 3 fasilitas layanan klinik di beberapa tempat diantaranya di cisaranteun kulon bypass Bandung, Tangerang – Banten dan wilayah Kabupaten Bandung Banjaran yang selama ini berjalan.Imbuhnya.

Dampak positif lain yang hadir dari penerapan CFD ini adalah animo masyarakat untuk berolahraga yang meningkat. Ruas-ruas jalan yang ditetapkan sebagai kawasan CFD hampir selalu dipenuhi masyarkat yang berolahraga. Mulai dari sekedar berjalan kaki, bersepeda bahkan tak jarang yang bermain sepak bola atau bulutangkis. Kondisi ini berdampak langsung kepada peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Rasa penat dan letih bahkan stres akibat kemacetan selama hampir seminggu berusaha mereka obati dengan memanfaatkan CFD untuk berolahraga atau bersantai bersama keluarga. Tua muda, anak-anak hingga manula. Tak heran kiranya jika banyak anggota masyarkat yang berharap CFD dilangsungkan lebih sering dan lebih luas.

--------------------------------------
dibaca 533 kali



 Komentar

(tidak ada komentar)


 Tulis Komentar

Nama
Email (dirahasiakan)
Komentar


Berita Terbaru

Titania, Anak Asuh Bintaro Raih Peringkat 1 Berturut-turut di MI Nurul Iman
Sabtu, 20/07/2019

Pelatihan Menjahit IIB Darmajaya Sebagai Bekal Masa Depan Anak Asuh
Sabtu, 20/07/2019

Pengajar IIB Darmajaya Bekali Anak Asuh Rumah Yatim Keterampilan Menjahit
Sabtu, 20/07/2019

Uji Kreativitas Anak Asuh Kemang dengan Belajar Membuat Kaligrafi
Sabtu, 20/07/2019

Hidup Sebatang Kara, Maryatun Terima Bantuan Rumah Yatim
Sabtu, 20/07/2019

Sepuluh Keluarga Dhuafa di Tegal Barat Dapat Bantuan Rumah Yatim
Sabtu, 20/07/2019

Ajarkan Rasa Syukur, Asrama Kemang Libatkan Anak Asuh Salurkan Beasiswa
Sabtu, 20/07/2019

Rumah Yatim Bantu Pendidikan Anak Kurang Mampu di Kemang
Sabtu, 20/07/2019

Semangat Anak Asuh Kemang Jalani Tes Hafalan Antar Teman
Sabtu, 20/07/2019

Masuki Ajaran Baru, Lisa Terima Penghargaan dari SMP Al Mizan
Sabtu, 20/07/2019

Tak Miliki Bahan Pangan, Patijah Terima Sembako Rumah Yatim
Jum'at, 19/07/2019

Dokter Sandi: Telinga Alifah Alami Gangguan Serius
Jum'at, 19/07/2019

700 Orang Prasejahtera di Girimulyo Terima Bantuan Paket Sembako
Jum'at, 19/07/2019

Rumah Yatim Beri Alat Bantu Dengar untuk Alifah
Jum'at, 19/07/2019

Semangat Pantang Menyerah Dedi Agar Alifah Dapat Mendengar
Jum'at, 19/07/2019

Rumah Yatim Salurkan Bantuan untuk Guru Honorer di SD Ma'had As Sakinah
Jum'at, 19/07/2019

Ketiga Kalinya, Teh Kotak Gandeng Rumah Yatim Salurkan Bantuan Alat Sekolah
Jum'at, 19/07/2019



 
Rumah Yatim
Find Us
Kemitraan
Hubungi Kami di