Berita
Pencarian Bulan Tahun
Share on Google+ twitter facebook
SD El-Fitra Terapkan Sholat Dhuha Sebelum Pembelajaran di Mulai
Di tulis oleh : Anisa Rahmadani Pada tanggal 2017-10-02 14:42:41

SD El-Fitra merupakan sekolah yayasan dari Rumah yatim yang berdiri sejak tahun 2014. Sistem pembelajaran di SD ini menerapkan sistem Full day school yang mana kelas 1 dan 2 sd pulang pada jam setengah 3, kelas 3 jam 3 dan kelas 4 hingga kelas 6 pulang jam 4 sore.

Sekolah yang berbaasis Islamic Saintific School ini, menerapkan beberapa metode pembelajaran yang berbeda dari sekolah lain diantaranya diterapkannya menghafal ayat alquran di mulai dari juz 30, melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan melakukan kegiatan praktek sains 1 kali dalam seminggu pada setiap kelas.

Jadwal kegiatannya pun di mulai dari masuk sekolah pada jam 7 pagi. Dari jam 7 hingga jam 7.30 siswa siswa di SD El-Fitra ini melakukan murojaah hafalan bersama-sama setelah itu melaksanakan sholat dhuha berjamaah dilanjut dengan kultum dan doa. Usai dari kegiatan tersebut barulah proses pembelajaran umum dimulai.

“ iya neng jadi kegiatan rutinitas pagi tersebut, kita membiasakan anak anak untuk murojaah hafalan setiap kelasnya dan melaksanakan sholat dhuha bersama dan itu termasuk kegiatan yang telah menjadi rutinitas”. Papar Erli selaku Kepala Sekolah di SD El-Fitra.

Tujuan dari kegiatan sholat dhuha yang telah menjadi rutinitas tersebut ialah untuk mencetak generasi cendekia yang berakhlak mulia dan tau agama. 

“ tujuan nya ya itu neng biar jika mereka sukses mereka mempunyai akhalak mulia dan mereka tau agama jadi tau mana baik buruknya dan dengan membiasakan mereka sholat dhuha itu tujuannya untuk diri mereka sendiri kan faedah sholat dhuha sangat banyak neng untuk kehidupan mereka” ungkapnya senin (2/10)

Siswa di SD El-Fitra ini bukan hanya di ajarkan untuk mengetahui tentang agama saja melainkan pelajaran umum pun juga di terapkan seperti nama sekolah ini Islamic Saintific School. Anak anak di sd ini dikenalkan dengan pelajaran sains yang luar biasa bukan hanya teori yang di terapkan namun adanya praktek minimal seminggu sekali per kelasnya untuk praktek tentang dunia saintek.

 Menurut kepala sekolah, Erli menyatakan dengan adanya praktek sains membuat anak anak lebih antusias dalam belajar dibandingkan dengan metode belajar di kelas dengan memberikan teori. Terbukti dari beberapa anak yang pernah memenangkan juara perlombaan sains tingkat nasional sei Indonesia dan mendapatkan juara ke3 pada waktu itu.

Kini walaupun sekolah itu baru berjalan 3 tahun, sudah banyak prestasi yang mereka dapatkan diantaranya juara olimpiade sains tingkat nasioal seindonesia mendapatkan juara 3 bukan hanya lomba itu saja melainkan lomba dari pelajaran diniyah pun telah banyak di dapatkan SD ini seperti lomba tahfidz, pildacil dan sebagainya.

Namun bagi Erli walaupun banyaknya prestasi yang telah banyak sekolah dapatkan tidak akan berguna jika anak didiknya tidak mempunyai akhlakul karimah untuk itu ia menerapkan Sholat Dhuha sebagai rutinitas kegiatan sehari hari agar siswa di SD tersebut tetap mengingat bahwa dimanapun berada agama tetaplah menjadi pegangan untuk kehidupan mereka kedepannya.



--------------------------------------
dibaca 521 kali



 Komentar

(tidak ada komentar)


 Tulis Komentar

Nama
Email (dirahasiakan)
Komentar


Berita Terbaru

Titania, Anak Asuh Bintaro Raih Peringkat 1 Berturut-turut di MI Nurul Iman
Sabtu, 20/07/2019

Pelatihan Menjahit IIB Darmajaya Sebagai Bekal Masa Depan Anak Asuh
Sabtu, 20/07/2019

Pengajar IIB Darmajaya Bekali Anak Asuh Rumah Yatim Keterampilan Menjahit
Sabtu, 20/07/2019

Uji Kreativitas Anak Asuh Kemang dengan Belajar Membuat Kaligrafi
Sabtu, 20/07/2019

Hidup Sebatang Kara, Maryatun Terima Bantuan Rumah Yatim
Sabtu, 20/07/2019

Sepuluh Keluarga Dhuafa di Tegal Barat Dapat Bantuan Rumah Yatim
Sabtu, 20/07/2019

Ajarkan Rasa Syukur, Asrama Kemang Libatkan Anak Asuh Salurkan Beasiswa
Sabtu, 20/07/2019

Rumah Yatim Bantu Pendidikan Anak Kurang Mampu di Kemang
Sabtu, 20/07/2019

Semangat Anak Asuh Kemang Jalani Tes Hafalan Antar Teman
Sabtu, 20/07/2019

Masuki Ajaran Baru, Lisa Terima Penghargaan dari SMP Al Mizan
Sabtu, 20/07/2019

Tak Miliki Bahan Pangan, Patijah Terima Sembako Rumah Yatim
Jum'at, 19/07/2019

Dokter Sandi: Telinga Alifah Alami Gangguan Serius
Jum'at, 19/07/2019

700 Orang Prasejahtera di Girimulyo Terima Bantuan Paket Sembako
Jum'at, 19/07/2019

Rumah Yatim Beri Alat Bantu Dengar untuk Alifah
Jum'at, 19/07/2019

Semangat Pantang Menyerah Dedi Agar Alifah Dapat Mendengar
Jum'at, 19/07/2019

Rumah Yatim Salurkan Bantuan untuk Guru Honorer di SD Ma'had As Sakinah
Jum'at, 19/07/2019

Ketiga Kalinya, Teh Kotak Gandeng Rumah Yatim Salurkan Bantuan Alat Sekolah
Jum'at, 19/07/2019



 
Rumah Yatim
Find Us
Kemitraan
Hubungi Kami di